MAN 2 CIREBON

Jalan Merdeka No. 1 Desa Babakan Ciwaringin Cirebon

MANTAP KEREN UNGGUL (MANKU)

WAKIL BUPATI CIREBON HADIRI SOSIALISASI “DESA ZERO WASTE” DI MAN 2 CIREBON

Minggu, 25 April 2021 ~ Oleh humas9 ~ Dilihat 769 Kali

Ahad pagi (25/04) MAN 2 Cirebon menerima kunjungan Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, S.E., M.Si.

Kedatangan Wakil Bupati yang merupakan isteri dari mantan Bupati Cirebon Dr. Drs. H. Sunjaya Purwadi Sastra, M.M., M.Si. itu dalam rangka menghadiri sosialisasi Desa Zero Waste yang disampaikan oleh Prof. Dr. A. Zaenal Abidin. Hadir pula dalam kegiatan itu Ketua Komisi 1 DPRD Cirebon, R. Hasan Basori, S.E, M.Si., Kepala MAN 2 Cirebon dan beberapa kepala desa se-kabupaten Cirebon.

Kepala Man 2 Cirebon, Drs. H. Muhaemin, M.Ag dalam sambutannya memberikan testimony bahwa sekitar 2 tahun yang lalu, MAN 2 Cirebon menghabiskan dana sekitar enam juta rupiah per bulan untuk mengelola sampah. Itu hanya untuk mengangkut dan membuang sampah yang terkumpul di lingkungan MAN 2 Cirebon. Setelah dilaksanakananya MASARO (Manajemen Sampah Zero), praktis pengeluaran itu sudah tidak ada lagi karena pengolahan sampah di lakukan di bank sampah MAN 2 Cirebon. Selain itu, hasil daur ulang sampah juga memberikan nilai ekonomi tersendiri.

Senada dengan kepala MAN 2 Cirebon, Kepala Desa Babakan yang didaulat memberikan sambutan juga menyampaikan hal yang sama. Ia menegaskan bahwa di desa Babakan Masyarakatnya heterogen dan jumlahnya banyak. Oleh karenanya, sampah yang dihasilkanpun cukup banyak. Dengan adanya Masaro, masalah sampah tidak hanya dapat diatasi, tapi juga memberikan nilai ekonomi dari hasil daur ulang baik organic maupun anorganik.

Atas berbagai testimony itu, Ketua Komisi 1 DPRD Cirebon, R. Hasan Basori, S.E, M.Si. mendorong Pemerintah Daerah dan berbagai pihak untuk melakukan pengelolaan sampah dengan baik di desa-desa di Kabupaten Cirebon.

“Jumlah penduduk Kabupaten Cirebon hampir 2,2 juta jiwa. Otomatis sampah yang dihasilkanpun akan sangat banyak. Jika ini tidak dikelola dengan baik, maka akan menjadi masalah besar” tegasnya.

Sementara Wakil Bupati Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih, S.E., M.Si.berharap program zero waste bisa dijalankan dengan baik. Mengingat kesadaran masyarakat kabupaten Cirebon dalam hal membuang dan mengelola sampah sangat rendah. Beliau mencontohkan, ketika ramah tamah di pendopo, banyak sampah berserakan sehingga cukup merepotkan petugas kebersihan.

Setelah sambutan Wakil Bupati, acara dilanjutkan dengan presentasi Prof. Dr. A. Zaenal Abidin. Ia berharap mendapatkan dukungan dari pihak-pihak terkait terutama Pemda Cirebon untuk terus mensosialisasikan pengelolaan sampah yang baik ke desa-desa. Rencananya, ia dan tim akan turun ke setiap kecamatan untuk memberikan pendampingan terkait pengelolaan sampah.

KOMENTAR

Fahmi attmimi ramdhani - Sabtu, 22 Mei 2021

Baik

TATU MUTMAINAH - Senin, 03 Mei 2021

Sangat bagus

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT