A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 36

Backtrace:

File: /home/manciwar/public_html/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 36
Function: _error_handler

File: /home/manciwar/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

MAULID NABI MUHAMMAD SAW, 2022 | MAN 2 CIREBON

MAN 2 CIREBON

Jalan Merdeka No. 1 Desa Babakan Ciwaringin Cirebon

MANTAP KEREN UNGGUL (MANKU)

MAULID NABI MUHAMMAD SAW, 2022

Selasa, 25 Oktober 2022 ~ Oleh humas9 ~ Dilihat 1529 Kali

Tahun Kelahiran nabi disebut Tahun Gajah, yaitu tahun dimana pasukan gajah yang dipimpin oleh Abrahah Habasyah ingin merobohkan Ka’bah yang diperkirakan terjadi pada 12 Rabiul Awal. Dengan kebesaran-Nya, Allah SWT menghentikan pasukan tersebut dengan mengirimkan burung-burung ababil untuk menjatuhkan batu-batu yang membawa wabah penyakit. Kisah Nabi Muhammad ini terdapat di Al-Quran, Surat Al Fil yang artinya pasukan gajah. Nabi Muhammad SAW lahir di Makkah dan dibesarkan sebagai anak yatim karena Abdullah, ayah Nabi Muhammad, wafat sebelum Rasulullah SAW lahir. Beberapa tahun setelah menghabiskan waktu dengan ibunya, Aminah, Nabi Muhammad SAW kemudian dibesarkan oleh kakeknya yaitu Abdul Muthalib.

Pada saat Rasul ingin mendapatkan wahyu pertamanya, Rasul mendapatkan sebuah mimpi Malaikat Jibril menghampirinya. Rasul pun menyendiri di Gua Hira tepatnya di sebelah atas Jabal Nur. Disitulah Rasul diperlihatkan bahwa mimpinya adalah benar. Malaikat Jibril pun datang kepada Rasul dan turunlah wahyu yang pertama yang ia bawakan dari Allah SWT dalam Surat Al ‘Alaq yang artinya,

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.”

(QS. Al-‘Alaq, 1-4)

Setelah mendapatkan wahyu yang pertama, Nabi kemudian melakukan dakwah secara sembunyi-sembunyi. Adapun orang-orang yang menjadi pengikut pertamanya adalah Khadijah, Abu Bakar Al-Shiddiq dan Zaid bin Haritsah, Ummu Aiman, Ali bin Abu Thalib, dan Bilal bin Rabah.

 

Setelah beberapa tahun melakukan dakwah secara diam-diam, turunlah perintah Allah SWT dalam surat al-hijr ayat 94 dan memerintahkan Nabi untuk berdakwah secara terang-terangan.

فَاصْدَعْ بِمَا تُؤْمَرُ وَأَعْرِضْ عَنِ الْمُشْرِكِينَ

Artinya:

“Maka sampaikanlah olehmu secara terang-terangan segala apa yang diperintahkan (kepadamu) dan berpalinglah dari orang-orang yang musyrik.”

Itu merupakan sepenggal kisah Rasulullah, dan kita sebagai Umatnya sangat bersyukur menjadi umat kekasih Allah, sepatutnya shalawat dan salam tetap terlimpah teruntuk baginda Nabi Muhammad Saw. dan pada bulan mulia ini yang bertepatan bulan kelahiran Rasulullah Keluaga MAN 2 Cirebo melaksanakan Acara Maulidan dengan beberapa acara diantaranya perlombaan dan bersholawat bersama Gus Aldi.

Adapun Perlombaan yang dilaksanakan pada hari Sabtu 15 Oktober 2022 di Kampus MAN 2 Cirebo (Masjid An-Nuur) sebagai berikut:

  1. Perlombaan MHQ
  2. Pidato Keagamaan
  3. Kaligrafi Ayat Al-Qur'an

Salah satu Peserta lomba Pidato putri

Salah satu peserta Lomba Pidato Keagamaan

suasana Para seniman Kaligrafi MAN 2 Cirebon

Hasil Karya seni peserta Kaligrafi.

Masih dalam suasana Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, acara dilanjutkan pada hari Ahad tanggal 16 Oktober 2022 yaitu Bersholawat dalam Rangka Memeperingati Hari Besar Islam MAulid Nabi Muhammad SAW bersama Gus Aldi dari Karawang. Yang disiarkan langsung dichanel youtobe kami MAN 2 Cirebon bisa dilihat Disini

setelah acara selesai dilanjutkan pembagian hadiah bagi para pemenang lomba pada hari Sabtu, 15 Oktober 2022.

alhamdulillah acara berlangsung cukup meriah, lancar dan tertib. Semoga kita semua bisa bertemu kembali di acara tahun berikutnya dalam keadaan sehat nikmat iman dan islam, aamiin.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT