A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 36

Backtrace:

File: /home/manciwar/public_html/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 36
Function: _error_handler

File: /home/manciwar/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Bahaya Kecanduan Game Online | MAN 2 CIREBON

MAN 2 CIREBON

Jalan Merdeka No. 1 Desa Babakan Ciwaringin Cirebon

MANTAP KEREN UNGGUL (MANKU)

Bahaya Kecanduan Game Online

Senin, 14 Oktober 2019 ~ Oleh humas9 ~ Dilihat 3372 Kali

Hasil gambar untuk bahaya game online
Penggunaan handphone yang menjelma menjadi Smartphone di era digital ini telah mengalami perubahan fungsi. Handphone yang pada awalnya hanya difungsikan untuk tujuan komunikasi, kini memiliki fungsi yang jauh lebih banyak dari mulai sebagai buku agenda harian, kamera, Media untuk akses internet bahkan sebagai media bermain game. Di kalangan remaja dan anak-anak -juga dewasa- bermain game online seolah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi. Padahal tanpa disadari, penggunaan smartphone dalam memainkan game online yang berlebihan akan memberikan berbagai efek buruk. Bahkan beberapa bulan lalu WHO Menetapkan bahwa kecanduan Game online adalah bagian dari gangguan mental.

Dilansir dari laman Halodoc, Menurut data hasil survei yang dilakukan oleh Cigna, 42 persen orang Indonesia menghabiskan waktu lebih lama untuk bermain game daripada melakukan hobi dan bersosialisasi dengan teman-teman. Hal ini juga tidak terkecuali pada anak-anak. Tanda-tandanya anak sudah mulai kecanduan bermain game adalah:
  • Merasa gelisah dan mudah marah apabila tidak diijinkan bermain.
  • Yang ada di pikirannya hanyalah permainan online, sehingga ketika ibu mengajaknya ngobrol, topik yang ia bicarakan juga tentang permainan tersebut.
  • Selalu ingin main game terus menerus dan susah bila disuruh berhenti.
  • Tidak peduli dengan orang-orang di sekitar, bahkan enggan bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya.
  • Mengalami migrain dan mata lelah karena terlalu lama memandang layar komputer atau gadget.

Bermain game memang bisa memberi kesenangan untuk si anak, tapi bila sampai menyebabkan kecanduan, maka anak berisiko mengalami sejumlah dampak berikut:

Dampak bagi Kesehatan Fisik

  1. Kesehatan Mata Terganggu

Menatap layar komputer atau gadget terlalu lama saat bermain game otomatis akan membuat kesehatan mata anak jadi menurun, mulai dari mata lelah, minus bertambah, sampai kerusakan saraf mata.    

  1. Gangguan Motorik

Hanya duduk bermain game saja seharian juga membuat anak jadi kurang banyak bergerak. Akibatnya, lama kelamaan kemampuan motorik anak akan menurun, sehingga pertumbuhan badannya jadi tidak maksimal dan anak berisiko mengalami obesitas.

  1. Nyeri Sendi

Saat bermain game, anak tanpa sadar duduk membungkuk atau tiduran. Posisi duduk ini bukanlah posisi duduk yang sehat. Bila anak duduk dalam posisi yang salah terlalu lama, maka bisa membuat ototnya terasa kaku dan nyeri sendi.

  1. Menurunkan Tingkat Konsentrasi Anak

Menurut penelitian, kecanduan bermain game bisa membuat anak mengalami gangguan konsentrasi. Ketika anak senang bermain game, akan terjadi perubahan pada struktur dendrit sel-sel di dalam otaknya. Hal ini mengakibatkan konsentrasi anak menurun, sehingga ia mudah lupa dan gagal fokus. Paparan radiasi dari perangkat elektronik juga bisa melemahkan konsentrasi anak.

 Dampak bagi Kesehatan Psikologis

  1. Anak Kurang Bersosialisasi

Si praremaja yang kecanduan bermain game biasanya akan lebih memilih bermain komputer di rumah daripada bermain di luar bersama teman-temannya. Akibatnya, anak akan jadi canggung atau kurang cakap jika harus bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

  1. Masalah Komunikasi

Tidak hanya kemampuan bersosialisasi saja yang bermasalah, anak yang kecanduan game juga akan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi. Kegiatan berkomunikasi bukan hanya sekadar mendengarkan dan memberi respon perkataan orang lain, tapi juga termasuk membaca ekspresi lawan bicara, Anak yang kurang bersosialisasi biasanya kesulitan melakukan hal ini.

  1. Membuat Anak Jadi Lebih Agresif

 Anak yang kecanduan bermain game yang mengandung unsur kekerasan, seperti perang-perangan, pertarungan, dan lain sebagainya, biasanya akan lebih agresif dan memiliki emosi yang tinggi.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT